→ PROFIL
Masyarakat menuntut pelayanan publik yang memenuhi kepentingan masyarakat luas dimanapun ia berada, dapat diandalkan dan terpercaya serta mudah dijangkau secara interaktif. Masyarakat menginginkan agar aspirasi mereka didengar, dengan demikian pemerintah harus memfasilitasi partisipasi dan dialog publik di dalam perumusan kebijakan negara. Kedua tuntutan tersebut sangat berkaitan dengan akses informasi. Akses informasi juga merupakan media bagi transparansi dan akuntabilitas untuk publik. Oleh karenanya pemerintah harus membuat kebijakan dan menyediakan fasilitas berupa infrastruktur dan prosedur sehingga dapat memberikan informasi kepada publik baik untuk perorangan maupun kelompok.
Selain memberikan informasi tentang kinerja mereka, pemerintah juga perlu mencari informasi dari sektor swasta dan masyarakat sipil dalam merumuskan kebijakan dan meningkatkan pelayanan. Melalui konsultasi, pemerintah dapat menjadi lebih responsif terhadap kebutuhan warganya. Namun, pendirikan saluran untuk komunikasi dan partisipasi, pemerintah juga dapat membuka diri untuk kritik. Oleh karena itu, semua pemangku kepentingan dalam proses pemerintahan harus realistis dan sabar dalam bergerak ke arah kemitraan yang bisa diterapkan.
Pemerintah harus memastikan bahwa informasi dikelola dengan sangat baik. Records data harus dilakukan, baik yang berbasis kertas atau elektronik. Basis elektronik merupakan dasar-dasar manajemen informasi yang baik. Namun demikian, khususnya di banyak negara-negara berkembang, sistem pencatatan (record) sangat lemah dan banyak yang rusak. Kondisi ini sangat sulit membuat masyarakat atau publik dapat memonitor kinerja dan mengakses informasi yang mereka butuhkan.
Munculnya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) telah memberikan kesempatan yang luas kepada publik untuk memperoleh informasi yang dibuthkan berkenaan dengan apa yang dilakukan pemerintah dalam hal pembangunan dan telah membuat manajemen informasi yang lebih baik. Sistem komputerisasi telah membantu pemerintah mengelola informasi sehingga lebih mudah dikelola dan diakses oleh masyarakat sesuai dengan porsinya masing-masing.
Untuk menuju good governance serta mempercepat penyelenggaraan otonomi daerah, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada setiap penyelenggaraan pemerintahan, merupakan kebutuhan yang mutlak, dalam rangka mendukung pertukaran data dan informasi serta penyaluran berita secara cepat, tepat, dan akurat. Dalam OEDC e-book disebutkan bahwa good governance mempunyai delapan karakteristik utama dalam memimpin pemerintahan yaitu : Participation, Transparency, Effectiveness and efficiency, Responsiveness, Accountability, Equity and inclusiveness, Rule of Law.
Salah satu cara mengimplementasikan karakteristik good governance tersebut adalah dengan menerapkan E-Government. E-Government dapat dijadikan sebagai model baru dalam gaya kepemimpinan, cara baru pengambilan keputusan, cara baru dalam akses pendidikan, cara baru dalam pengambilan kebijakan dan investasi, sarana baru dalam menerima keluhan masyarakat, cara baru dalam akuntabilitas ke publik, dan cara baru dalam mengelola pengiriman dan pelayanan semua informasi pemerintah ke publik. Dengan cara ini rasa kepercayaan publik ke pemerintah akan benar-benar terwujud, karena yang sangat diharapkan oleh publik adalah transparansi dan pelayanan yang baik dari pemerintah.
VISI
”Penunjang Kota Perdagangan Dengan Potensi dan Pemberdayaan Lokal Menuju Kemandirian Kelurahan Tahun 2014”
MISI
NAMA | JABATAN | FOTO |
Citra Widya Lestari, S.P.,MM | Lurah Babakan Pasar Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor | |
Syamsuddin Noor, S.Ag | Sekretaris Kelurahan Babakan Pasar | |
Yadi Cahyadi, S.AP. | Kasi Pemerintahan, Ketentaraman dan Ketertiban Kelurahan Babakan Pasar | |
Dadi Supriadi, S.IP. | Kasi Kemasyarakatan Kelurahan Babakan Pasar | |
Giri Maya Yudistira, S.Kom | Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Babakan Pasar |
-
-
Jumlah penduduk Kelurahan Babakan Pasar menurut :
Jenis Kelamin :
Kepala Keluarga : 2.910 KK
Kewarganegaraan
WNI
WNA
Jumlah Penduduk menurut Agama
AGAMA |
LAKI-LAKI |
PEREMPUAN |
Islam |
3316 orang |
3552 orang |
Kristen |
1000 orang |
437 orang |
Katholik |
1000 orang |
187 orang |
Hindu |
220 orang |
413 orang |
Budha |
448 orang |
903 orang |
Khonghucu |
orang |
orang |
Kepercayaan Kepada Tuhan YME |
6 orang |
2 orang |
Aliran Kepercayaan lainnya |
............... orang |
............... orang |
Jumlah |
5782 orang |
5644 orang |
Jumlah Penduduk menurut Umur
0 - 4 tahun |
: |
|
L |
= 358 |
Orang |
P |
= 341 |
Orang |
5 - 9 tahun |
: |
|
L |
= 408 |
Orang |
P |
= 363 |
Orang |
10 - 14 tahun |
: |
|
L |
= 451 |
Orang |
P |
= 439 |
Orang |
15 - 19 tahun |
: |
|
L |
= 406 |
Orang |
P |
= 430 |
Orang |
20 - 24 tahun |
: |
|
L |
= 562 |
Orang |
P |
= 551 |
Orang |
25 - 29 tahun |
: |
|
L |
= 673 |
Orang |
P |
= 713 |
Orang |
30 - 34 tahun |
: |
|
L |
= 658 |
Orang |
P |
= 601 |
Orang |
35 - 39 tahun |
: |
|
L |
= 562 |
Orang |
P |
= 507 |
Orang |
40 - 44 tahun |
: |
|
L |
= 564 |
Orang |
P |
= 384 |
Orang |
45 - 49 tahun |
: |
|
L |
= 302 |
Orang |
P |
= 321 |
Orang |
50 - 54 tahun |
: |
|
L |
= 116 |
Orang |
P |
= 140 |
Orang |
55 - 59 tahun |
: |
|
L |
= 90 |
Orang |
P |
= 74 |
Orang |
60 - 64 tahun |
: |
|
L |
= 73 |
Orang |
P |
= 70 |
Orang |
65 - 69 tahun |
: |
|
L |
= 79 |
Orang |
P |
= 100 |
Orang |
70+ tahun |
: |
|
L |
= 0 |
Orang |
P |
= 0 |
Orang |
Jumlah Penduduk Berdasarkan Pendidikan
Pendidikan |
Laki |
Perempuan |
- |
- |
- |
Jumlah |
5782 Orang |
5644 Orang |
Jumlah Penduduk menurut Mata Pencaharian
JENIS PEKERJAAN |
LAKI-LAKI |
PEREMPUAN |
Petani |
............ orang |
................. orang |
Buruh tani |
............. orang |
................. orang |
Buruh migran perempuan |
............. orang |
................. orang |
Buruh migran laki-laki |
............. orang |
................. orang |
Pegawai Negeri Sipil |
70 orang |
31 orang |
Pengrajin industri rumah tangga |
2 orang |
2 orang |
Pedagang keliling |
30 orang |
15 orang |
Peternak |
5 orang |
5 orang |
Nelayan |
orang |
................. orang |
Montir |
15 orang |
................. orang |
Dokter swasta |
29 orang |
21 orang |
Bidan swasta |
21 orang |
15 orang |
Perawat swasta |
15 orang |
31 orang |
Pembantu rumah tangga |
5 orang |
75 orang |
TNI |
3 orang |
................. orang |
POLRI |
11 orang |
2 orang |
Pensiunan PNS/TNI/POLRI |
89 orang |
57 orang |
Pengusaha kecil dan menengah |
27 orang |
19 orang |
Pengacara |
19 orang |
21 orang |
Notaris |
15 orang |
17 orang |
Dukun Kampung Terlatih |
2 orang |
2 orang |
Jasa pengobatan alternatif |
1 orang |
1 orang |
Dosen swasta |
9 orang |
15 orang |
Pengusaha besar |
|
|
Arsitektur |
1 orang |
1 orang |
Seniman/Artis |
1 orang |
1 orang |
Karyawan perusahaan swasta |
521 orang |
255 orang |
Karyawan perusahaan pemerintah |
321 orang |
417 orang |
Jumlah penduduk Awal Bulan
Jumlah penduduk Lahir
Jumlah Penduduk mati
Jumlah Penduduk datang
Jumlah Penduduk Pindah
Jumlah penduduk Akhir Bulan
POTENSI PRASARANA DAN SARANA
|
||
Jenis Sarana dan Prasarana |
Baik (km atau unit) |
Rusak (km atau unit) |
|
||
|
Baik |
|
|
Baik |
|
|
||
|
||
|
Baik |
|
|
||
|
Baik |
- |
|
Baik |
|
|
||
|
||
|
Baik |
|
|
||
|
Baik |
|
|
Baik |
|
|
||
|
||
|
Baik |
|
|
||
|
Baik |
|
|
Baik |
|
|
||
|
||
|
||
|
||
|
Baik |
|
|
||
|
||
|
||
|
Baik |
|
|
||
|
|
|
Bus umum |
|
Truck umum |
|
Angkutan Per-Desa / Kelurahan |
|
Ojek |
150 unit |
Delman / bendi / cidomo |
|
Becak |
|
Kereta Api |
|
|
Telepon umum |
20 unit |
Wartel |
10 unit |
Warnet |
5 unit |
Jumlah Pelanggan Telkom |
6551 orang |
Jumlah Pelanggan GSM |
|
Jumlah Pelanggan CDMA |
|
Sinyal telepon selular / Handphone |
Ada |
|
|
Kantor pos |
|
Kantor pos pembantu |
|
Tukang pos |
|
|
TV umum |
Ada |
Jumlah radio |
Ada |
Jumlah TV |
2053 unit |
Jumlah parabola |
251 unit |
|
|
Jumlah sumur pompa |
5 unit |
Jumlah sumur gali |
50 unit |
Jumlah hidran umum |
|
Jumlah PAH |
2053 unit |
Jumlah tangki air bersih |
|
Jumlah embung |
|
Jumlah mata air |
|
Jumlah bangunan pengolahan air bersih/air minum |
8 unit |
|
|
Jumlah drainase / saluran pembuangan air limbah |
ada |
Sumur resapan air rumah tangga |
|
Jumlah MCK Umum |
5 Unit |
Pemilik jumlah jamban keluarga |
3121 KK |
Kondisi saluran drainase / saluran pembuangan air limbah |
Baik 14 unit Rusak 0 unit Kurang memadai 0 unit |
D. PRASARANA DAN SARANA PEMERINTAHAN
|
|
Gedung Kantor |
Ada |
Kondisi |
Baik |
Jumlah ruang kerja |
8 Ruang |
Balai Desa/Kelurahan/sejenisnya |
Ada |
Listrik |
Ada |
Air bersih |
Ada |
Telepon |
Ada |
Rumah Dinas Kepala Desa / Lurah |
|
Rumah dinas perangkat desa / kelurahan |
|
Inventaris dan alat tulis kantor |
|
Jumlah mesin tik |
2 buah |
Jumlah meja |
20 buah |
Jumlah kursi |
50 buah |
Jumlah almari arsip |
5 buah |
Komputer |
3 unit |
Mesin fax |
1 unit |
Kendaraan dinas |
3 unit |
Jumlah masjid |
8 buah |
Jumlah Langgar / Surau / Mushola |
5 buah |
Jumlah Gereja Kristen Protestan |
3 buah |
Jumlah Gereja Khatholik |
1 buah |
Jumlah Wihara |
1 buah |
Jumlah Pura |
|
Jumlah Klenteng |
2 buah |
Lapangan sepak bola |
|
Lapangan bulu tangkis |
2 buah |
Meja pingpong |
8 buah |
Lapangan tenis |
|
Lapangan voli |
|
Lapnagan golf |
|
Pacuan kuda |
|
Arum jeram |
|
Lapangan basket |
|
Pusat kebugaran |
|
Gelanggang remaja |
Jumlah tempat wisata |
|
Hotel bintang 5 |
|
Hotel bintang 4 |
|
Hotel bintang 3 |
|
Hotel bintang 2 |
|
Hotel bintang 1 |
|
Hotel melati |
|
Diskotik |
|
Bilyar |
1 buah |
Karaoke |
|
Museum |
|
Restoran |
33 buah |
Bioskop |
L. PRASARANA DAN SARANA KEBERSIHAN
Tempat Pembuangan Sementara |
Tempat Pembuangan Akhir |
Alat penghancur sampah//incinerator |
Jumlah gerobak sampah |
Jumlah tong sampah |
Jumlah truck pengangkut sampah |
Jumlah Satgas Kebersihan |
Jumlah anggota Satgas Kebersihan |
Jumlah pemulung |
Tempat pengelolaan sampah |
Pengelolaan sampah lingkungan/RT |
Pengelola Sampah lainnya |